cover
Contact Name
Arjuna Rizaldi
Contact Email
arjuna@email.unikom.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
arjuna@email.unikom.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen
ISSN : 20860455     EISSN : 2338929X     DOI : -
Core Subject : Economy, Science,
JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen adalah wadah informasi berupa hasil peneltian, studi kepustakaan dalam rangka meningkatkan penelitian dan ilmu pengetahuan.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1: April 2018" : 6 Documents clear
MODEL PEMETAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA BISNIS ONLINE PADA TOKO ARENA DAN DAMPAKNYA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN Eddy Soeryanto Soegoto
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (774.73 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.996

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat model bagaimana sebuah toko online dapat menjalankan bisnisnya melalui web site. Didasarkan model layanan online peneliti melakukan survei terhadap 100 konsumen untuk diteliti bagaimana tanggapan mereka mengenai layanan online tersebut. Temuan riset membuktikan bahwa secara keseluruhan media sosial sebagai sarana bisnis online toko Arena tersebut memiliki kemudahan dalam mengakses dan dianggap penting oleh konsumen dalam fungsinya sebagai  layanan online. Variable layanan Lookbook memperoleh tanggapan paling penting dibandingkan ke lima variable lainnya. Sedangkan Variable Layanan How to buy mendapatkan tanggapan kurang penting bagi konsumen. Selanjutnya media social bisnis online berpengaruh terhadap minat beli konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan oleh toko Arena tersebut. Kata Kunci: Media social, bisnis online, minat beli konsumen
PENGARUH KINERJA DISTRIBUSI FISIK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP CITRA PERUSAHAAN SERTA IMPLIKASINYA PADA LOYALITAS PELANGGAN (Survey pada Pelanggan PT. ATRI DISTRIBUSINDO di Bandung) Handi Dipo Santosa
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (487.151 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.997

Abstract

This study aims to obtain empirical evidence about the influence of physical distribution performance and quality of service to the company's image as well as the implications for customer loyalty in the PT Arri Distribusindo Bandung. The results are expected contribute to the development of management science and management especially marketing and consumer behavior. For those of similar companies and practitioners, ir is hoped the results of this study can provide useful information about the importance of physical distribution performance and quality of services, especially on the image of the company, which in num can increase customer loyalty as an evaluation tool. The study was conducted at PT Atri Distribusinda Bandung. Methods of research using survey methods with quantitative research approaches. While the ype of research the form Descriptive Explanation Verificative Research and Research with a time horizon in the form of cross-sectional data that reflects the picture of a state at a given moment. To test the hypothesis of statistical methods of research used path amalysis (path analysis).The test results of research found a significant relationship between the performance of physical distribution service qualin, as well as from the results of the test reveal significant influence of the physical distribution performance and quality of service to the company's image either partially or simultaneously, was also found significant relationship between the performance of the distribution plysical and quality of services to the corporate image that has implications for customer loyalty . Keywords: Performance of physical distribution, service quality, corporate image and customer loyalty
PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSE BUYING BEHAVIOR Astri Nurrohmah Fauziyyah; Farah Oktafani
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.003 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.994

Abstract

Perkembangan trend fashion yang semakin meningkat, menyebabkan kebutuhan manusia akan barang dan jasa pada bidang fashion semakin meningkat dan bervariasi. Para pelaku bisnis dituntut untuk menyediakan berbagai fashion yang menjadi selera konsumen. Dengan memerhatikan aspek shopping lifestyle dan fashion involvement para pelaku bisnis dapat menarik daya tarik konsumen dalam melakukan impulse buying behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui shopping lifestyle dan fashion involvement terhadap impulse buying behavior pada masyarakat Kota Bandung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan tipe sampling incidental yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dengan jumlah responden sebanyak 400 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis linear berganda.Berdasarkan hasil uji hipotesis secara parsial, shopping lifestyle dan fashion involvement terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap impulse buying behavior, dan berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan shopping lifestyle dan fashion involvement berpengaruh secara simultan terhadap impulse buying behavior. Berdasarkan koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh shopping lifestyle dan fashion involvement adalah sebesar 55,7%, sisanya sebesar 44,3% merupakan kontribusi dari variabel lain selain shopping lifestyle dan fashion involvement yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: fashion involvement, impulse buying behavior, shopping lifestyle
RANCANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KINERJA PEGAWAI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN HUMAN RESOURCES SCORECARD DALAM RANGKA MENINGKATKAN KINERJA ORGANISASI (Studi Kasus pada Taman Lalu Lintas – Ade Irma Suryani Nasution Bandung) Asep Zulkifli Achmad
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (445.331 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.999

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai ”Rancangan Instrumen Pengukuran Kinerja Pegawai Dengan Menggunakan Pendekatan Human Resources Scorecard dalam rangka meningkatkan Kinerja Organisasi (Studi Kasus pada Taman Lalu Lintas – Ade Irma Suryani Nasution Bandung)”. Penelitian ini diharapkan juga memberikan sumbangan dalam aspek praktis (daya guna) yaitu masukan kepada pihak manajemen Taman Lalu Lintas AISN Bandung, atau institusi lain yang sejenis dalam melakukan implementasi dan kebijakan serta pengambilan keputusan terutama yang berkaitan dengan masalah kinerja sumber daya manusia dalam rangka peningkatan citra dan peningkatan fungsi lembaga / perusahaan.Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan  data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2016.Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian kinerja pegawai Taman Lalu Lintas berada dalam kriteria kinerja kurang baik. Faktor penghambat pengukuran kinerja pegawai di Taman Lalu Lintas Bandung yaitu pelatihan, pengalaman, pendapatan, kepemimpinan, supervisi, pengembangan karir, uraian tugas, dan metode penilaian kinerja. Faktor penting dalam implementasi Human Resources Scorecard yaitu rekrutmen karyawan yang memiliki kompetensi yang sesuai, meningkatkan kualitas pelayanan internal. Kata Kunci : Human Resources Scorecard,  Kinerja pegawai, Kinerja Organisasi
PERAN UKM DAN KOPERASI DALAM MEWUJUDKAN EKONOMI KERAKYATAN DI INDONESIA Mukhtar Abdul Kader
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.572 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.995

Abstract

Secara ideologis, masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia adalah bagaimana membangun sistem ekonomi yang sesuai dengan cita-cita tolong menolong. Pertanyaan ideologis tersebut terjawab bahwa dasar perekonomian yang sesuai dengan cita-cita tolong menolong ialah koperasi. Koperasi mendahulukan keperluan bersama dan menomorduakan kepentingan individual. Oleh karena itu, koperasi harus memiliki fungsi mendidik masyarakat dalam hal mengurus kepentingan bersama. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif karena penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperoleh jawaban yang terkait dengan pendapat, tanggapan atau persepsi seseorang sehingga pembahasannya harus secara kualitatif atau menggunakan uraian kata-kata. “Penelitian deskriptif mencoba mencari deskripsi yang tepat dan cukup dari semua aktivitas, objek, proses, dan manusia”. (Sulistyo-Basuki, 2010:110). Sifatnya hanya memberikan informasi yaitu dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai sumber yakni literatur-literatur, jurnal-jurnal, pendapat para ahli, buku-buku dan sumber-sumber lainnya.Ekonomi kerakyatan merupakan sistem ekonomi yang berbasis pada kekuatan ekonomi rakyat. Dimana ekonomi rakyat sendiri adalah sebagai kegiatan ekonomi atau usaha yang dilakukan oleh rakyat kebanyakan (popular) yang dengan secara swadaya mengelola sumberdaya ekonomi apa saja yang dapat diusahakan dan dikuasainya, yang selanjutnya disebut sebagai Usaha Kecil dan Menegah (UKM). Dalam Pasal 33 UUD 1945, sistem perekonomian yang ditujukan untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam bidang ekonomi. Selanjutnya oleh Pasal 27 ayat 2 dan Pasal 34, peran negara dalam sistem ekonomi kerakyatan antara lain meliputi lima hal sebagai berikut: (1) mengembangkan koperasi (2) mengembangkan BUMN; (3) memastikan pemanfaatan bumi, air, dan segala kekayaan yang terkandung didalamnya bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat; (4) memenuhi hak setiap warga negara untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak; (5) memelihara fakir miskin dan anak terlantar.UKM dan Koperasi yang memiliki daya saing yang tinggi, yakni : (a) mempunyai keluwesan (fleksibilitas); (b) memiliki produktivitas tinggi; dan (c) dikelola dengan menerapkan prinsip-prinsip manajemen dan kaidah ekonomi modern, akan mampu melaksanakan Sistem ekonomi kerakyatan, fungsi dan perannya secara optimal dalam perekonomian nasional, sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 33.Kata Kunci : UKM, Koperasi, Ekonomi Kerakyatan
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Bandung) Annisa Putri Soetrisno; Alini Gilang
JURISMA : Jurnal Riset Bisnis & Manajemen Vol 8 No 1: April 2018
Publisher : Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Komputer Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.201 KB) | DOI: 10.34010/jurisma.v8i1.998

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Bandung dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriftif – kausal.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara menyebarkan kuesioner dengan menggunakan penelitian sampel berjumlah 63 responden dan menggunakan metode teknik simple random sampling, dimana pengambilan anggota sampel dan populasi diambil secara acak tanpa melihat yang berstrata secara proposional didalam populasi itu dengan metode regresi linier sederhana.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Bandung. Dari Koefisien Determinasi (R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,510 atau sebesar 51%, artinya nilai ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi mempunyai pengaruh terhadap variabel kinerja karyawan sebesar 51% dan sisanya 49% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Competence, Employee Performance, Human Resources 

Page 1 of 1 | Total Record : 6